Pengertian Gaya Hidup, Faktor, Indikator dan Pengukuran Gaya Hidup

Posted on

Pengertian Gaya Hidup, Faktor, Indikator dan Pengukuran Gaya Hidup – Gaya hidup merupakan kata lain dari Life Style, yang didefinisikan sebagai bagian dari kebutuhan sekunder seseorang yang dapat berubah tergantung pada waktu atau keinginan seseorang untuk mengubah gaya hidup mereka. Gaya hidup dapat berupa pakaian, kebiasaan, dll. Gaya hidup Anda juga dapat dinilai relatif tergantung pada penilaian orang lain.

Pengertian lain dargi gaya hidup yaitu gambaran perbuatan, pola dan cara hidup yang ditunjukkan seperti kegiatan, minat, dan pikiran seseorang, juga apa yang membedakan diri sendiri tentang status orang lain dan lingkungan melalui simbol sosial mereka.

Gaya hidup juga diartikan sebagai seni yang dibudidayakan masing-masing orang. Gaya hidup ini terkait dengan waktu dan teknologi. Gaya hidup adalah upaya sensual untuk membiarkan kelompok lain hidup dengan cara tertentu dan tidak dengan cara yang sama.

Contoh gaya hidup yang baik, antara lain adalah makan dan istirahat makan makanan 4 sehat dan 5 sempurna dan lainnya. Lalu contoh gaya hidup yang buruk: berkata-kata tidak sepatutnya, makan sembarangan dan lain-lain.

Pengertian Gaya Hidup Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah pengertian gaya hidup menurut beberapa para ahli:

1. Kotler dan Keller (2012:192)

Pengertian gaya hidup menurut Kotler dan Keller adalah pola kehidupan di dunia yang mengekspresikan dirinya dalam aktivitas, minat, dan pendapatnya. Gaya hidup menunjukkan diri secara umum dalam menghadapi lingkungannya. Gaya hidup menggambarkan seluruh pola seseorang dalam aksi dan interaksi di dunia.

2. Plummer (1983:131)

Definisi gaya hidup menurut Plummer adalah cara hidup orang yang diidentifikasi oleh bagaimana orang menghabiskan waktu mereka (kegiatan), apa yang mereka anggap penting dalam kehidupan mereka (minat) dan apa yang mereka pikirkan tentang dunia di sekitar mereka.

3. Weber (dalam Damsar 2002: 120)

Definisi gaya hidup menurut Weber adalah rasa mengikat kelompok dalam (dalam kelompok) aktor kolektif atau kelompok status, persaingan ditandai oleh kemampuan untuk memonopoli sumber daya budaya.

3. Sumarwan (2011:57)

Definisi gaya hidup Sumarwan adalah representasi dari aktivitas, minat, dan pendapat seseorang. Gaya hidup seseorang biasanya tidak permanen dan berubah dengan cepat. Seseorang dapat dengan cepat mengubah model dan merek pakaiannya karena menyesuaikan dengan perubahan dalam hidupnya.

4. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesi) 2008

Pemahaman hidup menurut KBBI adalah pola perilaku sehari-hari sekelompok orang di masyarakat.

Faktor Yang Mempengaruhi Gaya Hidup

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi gaya hidup, yaitu:

  • Sikap
  • Pengalaman dan observasi
  • Kepribadian
  • Konsep
  • Motif
  • Persepsi
  • Kelompok referensi
  • Kelas sosial
  • Keluarga
  • Budaya.

Indikator dan Pengukuran Gaya Hidup

Ada beberapa indikator gaya hidup seseorang, diantaranya adalah:

1. Kegiatan (Activity)

Adalah apa yang dikerjakan konsumen, apa yang dibeli atau dipakai dan kegiatan yang dilakukan untuk mengisi waktu luang mereka. Meskipun kegiatan ini sering dapat diamati, alasan untuk tindakan tersebut jarang diukur secara langsung.

2. Minat (Interest)

Adalah objek peristiwa atau topik dalam tingkat kegairahan yang ikut kemungkinan besar akan dia sadari. Interest dapat berbentuk preferensi, minat dan prioritas dalam kehidupan konsumen. Interest adalah tujuan konsumen ingin menghabiskan waktu dan uang. Minat adalah faktor pribadi konsumen dalam mempengaruhi proses pengambilan keputusan

3. Opini (Opinion)

Opini adalah pandangan dan perasaan konsumen dalam memberikan masalah global, lokal, ekonomi dan sosial. Pendapat digunakan untuk menggambarkan interpretasi, harapan, dan penilaian, seperti mengkritik niat orang lain, mengantisipasi peristiwa di masa depan dan menimbang konsekuensi dari konsekuensi dari tindakan alternatif.

Pengukuran gaya hidup dapat dijalankan dengan Psikografik (psychographic). Sumarwan (2011: 58) menyatakan bahwa psikografi adalah alat pengukuran gaya hidup yang dapat digunakan untuk melakukan pengukuran kuantitatif dan menganalisis data dalam jumlah yang sangat besar.

Seringkali analisis psikografik dipakai dalam melihat segmen pasar dan segmen konsumen dalam hal kehidupan, pekerjaan, dan kegiatan lainnya. Data psikografis biasanya diartikan sebagai pengukuran AIO (Activity, Interest, Opinion) atau pernyataan untuk mewakili aktivitas, minat, dan pendapat konsumen.

Demikianlah artikel tentang Pengertian Gaya Hidup, Faktor, Indikator dan Pengukuran Gaya Hidup ini semoga bisa memberi manfaat bagi kita semua, Terimakasih.

Baca Juga Artikel Lainnya >>>

Pengertian Masyarakat Madani, Pilar, Ciri dan Unsur-unsurnya

Pengertian Nilai Sosial, Sumber, Ciri, Peran dan Fungsinya

Pengertian Stigma, Penyebab, Bentuk, Proses dan Jenis-jenisnya