Pengertian Flowchart

Posted on

Pengertian Flowchart – Flowchart atau Bagan alir adalah suatu bagan (chart) yang secara logika menunjukkan aliran (flow) dalam suatu program atau prosedur sistem. Bagan alir khususnya digunakan untuk alat bantu komunikasi dan dokumentasi.

Tidak ada rumus khusus saat mendesain bagan alur. Flowchart hanya berisi simbol yang umum digunakan. Diagram alir merupakan gambaran hasil berpikir saat menganalisis suatu masalah di komputer.

Pengertian Flowchart

Flowchart adalah urutan proses bisnis yang direpresentasikan dalam bentuk simbol. Flowchart (bagan alir) juga diartikan sebagai diagram yang menunjukkan aliran proses menggunakan anotasi seperti persegi, panah, oval, wajik, dll.

Kata flowchart berasal dari bahasa inggris yang artinya adalah diagram alir. Flowchart umumnya disusun menurut algoritma program yang ingin Anda jalankan agar membantu memahami bahasa pemrograman.

Melalui flowchart, kita dapat melihat detail langkah-langkah prosesnya, termasuk aktivitas yang berlangsung. Flowchart ini banyak digunakan sebagai alat komunikasi dan dokumentasi.

Pengertian Flowchart menurut para Ahli

Berikut adalah pengertian flowchart menurut beberapa para ahli :

1. Sariadin Siallagan

Menurut Sariadin Siallagan flowchart adalah diagram atau bagan alir yang menggunakan simbol atau tanda untuk membantu menyelesaikan suatu masalah.

2. Indrajani

Menurut Indrajani flowchart merupakan representasi grafis dari langkah-langkah dan urutan prosedur dalam suatu program untuk membantu menyelesaikan suatu masalah.

3. Krismiaji

Menurut Krismiaji flowchart adalah teknik analisis yang digunakan untuk menjelaskan aspek-aspek suatu sistem masalah secara logis, jelas, dan ringkas.

4. Jogiyanto

Menurut Jogiyanto flowchart adalah diagram yang secara logis memvisualisasikan aliran dalam suatu program atau prosedur sistem.

5. Pahlevy

Menurut Pahlevy flowchart adalah simbol yang berupa diagram alir dari algoritma dalam suatu program yang menunjukkan arah aliran program dari hal yang demikian.

Jenis-jenis Flowchart

Berikut adalah jenis-jenis dari flowchart

1. Flowchart Proses

Flowchart proses adalah teknik yang mewakili proses teknik industri yang bertujuan untuk memecah dan menganalisis langkah-langkah proses atau sistem yang terorganisir.

Simbol yang biasa digunakan dalam flowchart proses adalah simbol operasi, simbol transport, simbol inspeksi, simbol penundaan, dan simbol penyimpanan.

Baca juga: Pengertian Observasi

2. Flowchart Sistem

Flowchart Sistem dapat digunakan untuk menggambarkan alur kerja sistem secara keseluruhan. Flowchart Sistem juga memiliki fungsi menjelaskan setiap urutan dari berbagai prosedur terstruktur yang dilakukan oleh suatu sistem.

Urutan sistem ini harus terdiri dari data dalam sistem dan proses transformasi data dari sistem itu. Flowchart Sistem hanya dapat diproses secara online dan offline dan dapat diakses oleh komputer, misalnya kalkulator dan mesin kasir.

3. Flowchart Program

Flowchart program menggambarkan tahapan proses program secara rinci dan didasarkan pada derivasi diagram alir suatu sistem. Ada dua jenis Flowchart program yang banyak digunakan, yaitu flowchart program komputer yang terperinci dan flowchart logika program.

4. Flowchart Skematik

Flowchart skematik sangat mirip dengan flowchart sistem. Namun dalam flowchart skematik, gambar lain dalam bentuk gambar komputer atau alat lain digunakan sebagaimana mestinya. Fungsi dari flowchart skematik ini adalah untuk menjelaskan proses-proses sistematis yang berlangsung dalam suatu sistem.

5. Flowchart Dokumen

Flowchart Dokumen dapat digunakan untuk menjelaskan alur laporan dan beberapa formulir lengkap dengan salinan atau urusan administrasi. Simbol yang digunakan dalam diagram alur ini sama dengan yang ada di flowchart sistem.

Fungsi Flowchart

Fungsi Flowchart sendiri ada lima, yaitu :

1. Mendokumentasi Proses Kerja Sebuah Program

Flowchart berfungsi mendokumentasikan proses kerja dari proses pembuatan program tertentu. Dokumentasi sangat penting dalam membuat program yang dapat dijadikan acuan saat membuat program selanjutnya.

Baca juga: Pengertian Iklan

2. Merepresentasikan Algoritma

Algoritma sangat penting saat membuat program karena program membutuhkan diagram alir untuk melakukannya. Hal ini dikarenakan diagram alur dapat memenuhi persyaratan representasi algoritma program yang direncanakan.

3. Mengaudit Proses Kerja

Fungsi lain dari algoritma ini adalah sebagai auditor proses kerja, karena flowchart memiliki bentuk diagram yang dijelaskan, jika suatu program gagal, dapat dengan mudah dikenali di mana letak penyebab malfungsi program.

4. Mengelola Alur Kerja

Tujuan dari pengelolaan ini adalah untuk membuat program yang berkualitas dengan memperhatikan integritas prosedur yang diterapkan pada program itu sendiri.

5. Merancang Proyek Baru

Flowchart dapat digunakan untuk mendesain proyek yang akan dibangun. Dengan memetakan proyek dalam bentuk diagram alir untuk membantu pemahaman dan mengatur langkah-langkah untuk mewujudkan proyek tersebut.

Tujuan Flowchart

Dapat disimpulkan bahwa flowchart bertujuan untuk membuat suatu proses menjadi jelas, ringkas, padat, dan terurai agar suatu program dapat lebih dipahami. Membuat flowchart juga agar dapat mempermudah pembuatan program dalam melakukan pekerjaanya.

Baca juga: Pengertian Analisis

Perbedaan Flowchart dan DFD

Berikut ini adalah perbedaan antara flowchart dan DFD :

  1. DFD tidak memiliki proses komputasi sedangkan flowchart memiliki proses komputasi
  2. DFD tidak memiliki loop sedangkan flowchart memilikinya
  3. Proses DFD dapat berjalan secara bersamaan atau paralel sedangkan alur data dalam flowchart harus berurutan
  4. DFD menunjukkan aliran data dalam suatu sistem, sedangkan flowchart menggambarkan alur kerja atau prosedur yang ada dalam sistem.

Sekian artikel tentang Flowchart ini semoga bisa memberi manfaat dan menambah wawasan bagi kalian, terimakasih.