Pengertian Firebase, Cara Kerja dan Manfaatnya

Posted on

Pengertian Firebase, Cara Kerja dan Manfaatnya – Firebase Realtime Database adalah database yang di-host di cloud. Data disimpan sebagai JSON dan disinkronkan secara real-time dengan setiap klien yang terhubung. Saat Anda membuat aplikasi lintas-platform menggunakan Android SDK, iOS, dan JavaScript, semua klien berbagi instance database real-time dan secara otomatis menerima pembaruan dari data terbaru.

Firebase adalah BaaS (Backend sebagai Layanan), yang saat ini dimiliki oleh Google. Firebase adalah solusi Google yang menyederhanakan pekerjaan Developer dalam membuat Aplikasi Seluler. Dengan Firebase, developer aplikasi dapat fokus pada pengembangan aplikasi tanpa harus menghabiskan banyak upaya untuk masalah backend.

Firebase adalah layanan dari Google yang memudahkan pengembang aplikasi untuk mengembangkan aplikasinya. Firebase adalah solusi yang ditawarkan oleh Google untuk menyederhanakan pekerjaan para pengembang.

Cara Kerja Firebase

Dengan Firebase Realtime Database, Anda dapat membuat aplikasi kolaboratif dan kaya fitur dengan menyediakan akses aman ke database langsung dari kode sisi klien. Data disimpan di drive lokal. Bahkan dalam mode offline, peristiwa real-time terus berlanjut, ini yang memungkinkan pengguna akhir untuk merespons dengan cepat. Ketika koneksi perangkat dibangun kembali, database real-time menyinkronkan perubahan data lokal dengan pembaruan jarak jauh yang terjadi saat klien offline sehingga setiap penyimpangan digabungkan secara otomatis.

Basis Data Realtime menawarkan bahasa aturan berbasis ekspresi yang fleksibel dan juga dikenal sebagai Firebase Realtime Database Security Rules. Ini menentukan bagaimana data disusun dan kapan saja data dapat dibaca atau ditulis. Ketika terintegrasi dengan otentikasi Firebase, Developer dapat menentukan siapa yang memiliki akses ke data tertentu dan bagaimana mereka dapat mengaksesnya.

Realtime Database adalah database NoSQL dan karena itu memiliki pengoptimalan dan fungsionalitas yang berbeda dari basis datanya. API basis data waktu nyata memungkinkan hanya operasi yang dapat dilakukan dengan cepat. Dengan cara ini, Anda dapat membangun pengalaman real-time yang luar biasa dan melayani jutaan pengguna tanpa mengurangi daya tanggap. Oleh karena itu, penting untuk mempertimbangkan bagaimana pengguna mengakses data dan kemudian membuat struktur data yang memenuhi persyaratan tersebut.

Sejarah Firebase

Firebase didirikan pada 2011 oleh Andrew Lee dan James Tamplin. Produk pertama yang dikembangkan mereka adalah Realtime Database, yaitu tempat developer dapat menyimpan dan menyinkronkan data untuk banyak pengguna. Kemudian berkembang menjadi pengembangan aplikasi penyedia layanan. Pada Oktober 2014, perusahaan diakuisisi oleh Google. Beberapa fitur akan terus berkembang hingga diluncurkan di Google I / O pada Mei 2016.

Manfaat Firebase

  1. Bergerak cepat. Firebase memiliki API intuitif yang disertakan dalam SDK, sehingga Anda dapat dengan cepat mengembangkan aplikasi berkualitas tinggi. Firebase juga memiliki banyak fitur yang memungkinkan Anda untuk memperluas data pengguna dan mendapatkan lebih banyak uang. Cukup gabungkan fitur Firebase untuk memenuhi kebutuhan Anda.
  2. Lupakan Tentang Infrastruktur. Hemat waktu dengan tidak harus membangun infrastruktur internal yang kompleks atau mengelolabbeberapa dashboard. Firebase meletakkan dasar bagi Anda untuk fokus dalam menghadirkan fitur yang diinginkan pelanggan.
  3. Buat keputusan yang Baik Berdasarkan Data. Firebase mencakup solusi analitik gratis dan tidak terbatas yang dirancang untuk perangkat seluler. Dengan Google Analytics Firebase, Anda bisa mencari data tentang pengguna. Fitur Firebase komplementer memungkinkan Anda menangani semuanya, mulai dari rasio klik-tayang hingga kesalahan aplikasi.
  4. Berfungsi pada Semua Platform. Firebase bekerja di mana pun Anda inginkan. Menampilkan aplikasi seluler lintas platform dengan Android SDK, iOS, JavaScript, dan C ++. Anda juga dapat mengakses Firebase menggunakan pustaka sisi server dan REST API.
  5. Menyesuaikan Skala dengan Mudah. Jika aplikasi menjadi sangat populer, Anda tidak perlu lagi khawatir menyesuaikan skala kode server atau menyediakan kapasitas tambahan. Firebase akan menanganinya secara otomatis. Dan sebagian besar fitur Firebase gratis selamanya untuk semua skala. Keempat fitur berbayar menawarkan tarif gratis dan 2 paket berbayar setelah Anda mulai mengembangkannya.
  6. Dapatkan Dukungan Gratis. Anda akan menerima dukungan email gratis. Tim Firebase dan Spesialis Pengembang Google juga aktif di komunitas online seperti Stack Overflow dan GitHub.

Kelebihan dan Kekurangan Firebase

Kelebihan

  1. Versi gratis tersedia sehingga pengembang dapat menguji layanan Firebase tanpa batasan waktu.
  2. Cepat dan responsif.
  3. Tanpa SQL, Firebase menggunakan JSON.
  4. SDK tersedia untuk Android, iOS, JavaScript, Java, Objective-C, Swift dan Node.js.
  5. Mudah digunakan.
  6. Event-oriented .
  7. Editor grafis bawaan.
  8. API yang kuat untuk menyimpan dan menyinkronkan.
  9. API relatif mudah dimengerti.
  10. Backend waktu yang nyata.
  11. Mempermudah pengembang tentang front-end yang tidak mengerti back-end.
  12. Dokumentasi & Layanan Pelanggan.

Kekurangan

  1. Jumlah koneksi simpul tidak ditampilkan.
  2. Format penyimpanan tidak menggunakan SQL, tetapi JSON, yang akan sulit dimigrasi.
  3. Karena Firebase tidak membebani pengembang di sisi server, konsekuensi menggunakan API dalam kode kami di sisi front-end/ klien harus kerja keras.
  4. Jika aplikasi kita menggunakan basis data terpusat yang dapat diperbarui (ditulis) oleh banyak pengguna, maka ini akan menjadi overkill
  5. Tidak ada fungsi referensi atau penautan.
  6. Versi gratisnya hanya menawarkan 100 koneksi dan ruang penyimpanan 1 GB, yang perlu para pengguna harus memperbarui saat pengguna lain bertambah.
  7. Tidak diketahui lokasi host data kami.
  8. Anda tidak memiliki data Anda. Karena data kita berada dalam host bukan milik kita, akan menjadi mustahil untuk merecovery akun user.

Demikianlah artikel tentang Pengertian Firebase, Cara Kerja dan Manfaatnya ini semoga bisa memberi manfaat bagi kita semua, Terimakasih.

Baca Juga Artikel Lainnya:

Pengertian Audit Internal, Fungsi, Tujuan dan Ruang Lingkupnya

Pengertian Retail, Fungsi dan Jenis-jenisnya

Pengertian Ikhtisar, Tujuan, Ciri dan Fungsinya