Pengertian Energi

Posted on

Pengertian Energi – Energi diperlukan di antaranya guna menggerakkan mobil, memanaskan dan menenangkan ruangan, sampai menjalankan komputer. Matahari adalah sumber energi. Energi matahari dibutuhkan antara lain untuk perkembangan tanaman dan proses siklus air.

Manusia membutuhkan sejumlah ribu kalori masing-masing harinya guna melakukan pekerjaan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh sebab itu, dianjurkan setiap pagi sebelum beraktivitas mesti sarapan terlebih dahulu.

Pengertian Energi

Energi adalah sesuatu yang mempunyai sifat abstrak yang sukar diperlihatkan tetapi dapat dialami keberadaannya. Berdasarkan keterangan dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), energi ialah kemampuan untuk mengerjakan kerja (misalnya guna energi listrik dan mekanika) atau daya (kekuatan) yang dapat dipakai untuk melakukan sekian banyak proses kegiatan.

Sedangkan energi alam ialah sesuatu yang bisa dimanfaatkan untuk sekian banyak kepentingan dan keperluan hidup manusia supaya hidup lebih sejahtera. Energi alam dapat ada di mana saja laksana di dalam tanah, air, permukaan tanah, udara dan beda sebagainya. Dari rangkaian definisi tersebut, dapat diputuskan bahwa energi merupakan keperluan manusia guna bertahan hidup.

Pengertian Energi Menurut Para Ahli

Demikianlah definisi energi menurut beberapa para ahli:

1. Arif Alfatah & Muji Lestari (2009)

Energi merupakan sesuatu yang diperlukan oleh benda supaya benda dapat mengerjakan usaha. Dalam prakteknya setiap dilaksanakan usaha tidak jarang kali ada perubahan. Sehingga usaha pun didefinisikan sebagai keterampilan untuk mengakibatkan perubahan.

2. Campbell, Reece, & Mitchell (2002)

Energi yaitu kemampuan untuk menata ulang suatu kelompok materi atau dengan kata lain, energi ialah kapasitas atau keterampilan untuk mengemban kerja.

3. Alvin Hadiwono (2007)

Mengemukakan bahwa energi adalah perihal mengenai apapun yang bergerak, bersangkutan dengan ruang dan waktu.

Baca juga: Pengertian Statistik

Fungsi Energi

Setelah memahami pengertian dan jenis-jenis energi, penting untuk kamu mengetahui faedah dari energi itu sendiri. Ada pun faedah dari energi ialah membantu insan dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Berikut ini sebagian misal fungsi energi dengan mengubahnya dari satu format ke format lainnya:

  • Energi listrik jadi energi panas pada pemakaian setrika guna menggosok pakaian.
  • Energi kimia jadi energi gerak (mekanik) pada makanan yang dimakan kemudian diubah dengan reaksi kimia sampai-sampai jadi sumber energi dalam beraktivitas.
  • Energi listrik jadi energi bunyi pada pemakaian bel yang menghasilkan bunyi.
  • Energi gerak (mekanik) jadi energi panas pada gesekkan dua benda dengan terus menerus menghasilkan panas.
  • Energi cahaya menjadi energi kimia pada pemanfaatan cahaya matahari.
  • Energi listrik jadi energi gerak (mekanik) pada pemakaian kipas angin.

Jenis-jenis Energi

Secara umum energi bisa dikategorikan dalam sejumlah jenis, yakni sebagai berikut:

1. Energi Mekanik

Jenis-jenis energi yang kesatu ialah energi mekanik. Dalam urusan ini, format transisi dari energi mekanik ialah kerja. Energi mekanik yang tersimpan adalahenergi potensial atau energi kinetik. Energi mekanik dipakai untuk menggerakkan atau mengalihkan suatu benda, contohnya untuk mengusung batu pada pembangunan gedung, guna memompa air, guna memutar roda kendaraan dan beda sebagainya.

2. Energi Listrik

Jenis-jenis energi berikutnya ialah energi listrik. Energi jenis ini sehubungan dengan akumulasi arus elektron, ditetapkan dalam watt-jam atau kilo watt-jam.

Bentuk transisinya yaitu aliran elektron melewati konduktor jenis tertentu. Energi listrik dapat ditabung sebagai energi medan elektromagnetik yang adalahenergi yang sehubungan dengan medan listrik yang didapatkan oleh terakumulasinya muatan elektron pada pelat-pelat kapasitor.

Baca juga: Pengertian Suhu

3. Energi Elektromagnetik

Energi elektromagnetik merupakan format energi yang sehubungan dengan radiasi elektromagnetik. Energi radiasi ditetapkan dalam satuan energi yang paling kecil, yaitu elektron-Volt (eV) atau mega elektron-Volt (MeV) yang juga dipakai dalam penilaian energi nuklir. Radiasi elektromagnetik merupakan format energi murni dan tidak sehubungan dengan massa.

4. Energi Kimia

Jenis-jenis energi lainnya yaitu energi kimia yang adalahhasil interaksi elektron di mana dua atau lebih atom/molekul berkombinasi sampai-sampai menghasilkan senyawa kimia yang stabil. Energi kimia melulu dapat terjadi dalam format energi tersimpan.

5. Energi Nuklir

Energi nuklir yakni energi dalam format tersimpan yang bisa dilepas dampak interaksi partikel dengan atau di dalam inti atom. Energi ini dilepas sebagai hasil usaha partikel-partikel guna memperoleh situasi yang lebih stabil.

Energi nuklir pun adalahenergi yang didapatkan dari reaksi peluruhan bahan radioaktif. Bahan radioaktif sifatnya tidak stabil, sampai-sampai bahan ini bisa meluruh menjadi molekul yang stabil dengan menerbitkan sinar alpha, sinar beta, sinar gamma dan menerbitkan energi yang lumayan besar.

Energi yang didapatkan dapat dipakai untuk menghasilkan energi listrik ataupun untuk kebutuhan pengobatan dan lain-lain.

6. Energi Termal (Panas)

Energi termal merupakan format energi dasar, yaitu seluruh energi yang bisa dikonversi secara sarat menjadi energi panas. Sebaliknya, pengonversian dari energi termal ke energi lain diberi batas oleh Hukum Termodinamika Kedua.

Sumber-sumber Energi

1. Sumber Energi Tak terbaharui

Sumber energi tidak terbaharui (nonrenewable) didefinisikan sebagai sumber energi yang tidak dapat dipenuhi atau diciptakan kembali oleh alam dalam masa-masa yang singkat, bukan proses berkelanjutan.

Sumber energi tak terbaharui didapatkan dari perut bumi dalam format cair, gas, dan padat. Sumber energi tak terbaharui di antaranya, minyak bumi, gas alam, propane, batubara, dan uranium.

Baca juga: Pengertian Standar Operasional Prosedur

2. Energi Alternatif (Sumber Energi Terbaharui)

Sumber energi alternatif ialah sumber energi sebagai pengganti sumber energi tak terbaharui. Semua sumber energi terbaharui tergolong sumber energi alternatif.

Sumber energi terbaharui (renewable) didefinisikan sebagai sumber energi yang bisa dengan cepat dipenuhi kembali oleh alam, proses berkelanjutan. Berikut ini ialah yang tergolong sumber energi terbaharui, yakni matahari, angin, air, biomassa, dan panas bumi.

Cara Menghemat Energi

Krisis energi yang dikenal secara internasional sebagai “peak oil” merupakan situasi di mana kapasitas buatan energi khususnya minyak di sejumlah belahan benua menjangkau puncaknya, lantas menurun drastis, dan akhirnya berakhir sama sekali.

Menghadapi kondisi yang sedemikian rupa, apa yang diperlukan oleh manusia ialah revolusi gaya hidup, karena dengan demikian akan meminimalisir pemakaian energi, khususnya energi tak terbaharui. Selanjutnya insan harus mulai memakai bahan bakar dari energi terbaharui.

Sedangkan untuk semua pengambil kepandaian harusnya mengeluarkan kepandaian yang jelas orientasinya untuk meminimalisir pemanasan global. Misalnya memutuskan jeda tebang hutan di semua Indonesia supaya tidak merasakan kepunahan dan distrik kita kian panas, serta menghentikan pertambangan mineral dan batubara.

Demikianlah penjelasan tentang Energi dari RuangPengetahuan.Co.Id semoga bermanfaat dan manambah wawasan kalian, sampai jumpa..