Pengertian Ekstrakurikuler

Posted on

RuangPengetahuan.Co.Id – Ekstrakurikuler adalah kegiatan tambahan atau kegiatan yang dilakukan oleh siswa di luar jam sekolah baik di lingkungan sekolah maupun di luar lingkungan sekolah. Ini dimaksudkan agar siswa memperoleh keterampilan tambahan, wawasan, dan pengetahuan sebagai siswa pembangun karakter yang sesuai dengan bakat dan minat individu.

Berdasarkan Surat Keputusan No. 060 / U / 1993 dan No. 080 / U / 1993, kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan yang berlangsung di luar jam sekolah dan yang tercantum dalam perjanjian program sesuai dengan keadaan dan kebutuhan sekolah dan khususnya untuk faktor minat dan minat Bakat para siswa disesuaikan.

Sementara menurut Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 39 tahun 2008 tentang pengembangan siswa, kegiatan ekstrakurikuler adalah salah satu jalur pembinaan siswa. Kegiatan di luar sekolah di mana siswa berpartisipasi dan melakukan baik di sekolah maupun di luar sekolah dimaksudkan untuk memungkinkan siswa untuk memperkaya dan memperluas diri.

Pengertian Ekstrakurikuler Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah pengertian Ekstrakurikuler menurut beberapa para ahli:

1. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia

Menurut Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 39 tahun 2008 tentang pengembangan siswa, salah satu kemungkinan pengembangan siswa adalah dari Ekstrakurikuler disekolah. Tujuan dari kegiatan ekstrakurikuler atau kegiatan yang dilaksanakan atau dilakukan oleh siswa baik di sekolah maupun di luar sekolah adalah bahwa siswa dapat atau dapat memperkaya dan memperluas diri.

2. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan

Menurut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 060 / U / 1993 dan No. 080 / U / 1993, kegiatan ekstrakurikuler atau kegiatan yang merupakan kegiatan yang berlangsung di luar jam sekolah yang tercantum dalam perjanjian program dan keadaan serta kebutuhan yang sesuai ke sekolah dan secara khusus disesuaikan dengan faktor minat dan bakat siswa.

3. Usman dan Setyowati

Menurut Usman dan Setyowati (1993: 22), kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan di luar jam sekolah yang dilakukan baik di sekolah atau di luar sekolah untuk lebih memperkaya dan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa dari semua bidang yang mungkin memperluas belajar.

4. Suryosubroto

Menurut Suryosubroto (1997: 271), ekstrakurikuler adalah kegiatan atau kegiatan belajar yang dilakukan dan diterapkan di luar jam belajar pribadi. Hal itu dapat dilakukan di lingkungan sekolah atau di luar sekolah untuk memperluas pengetahuan dan keterampilan yang dipelajari dari semua jenis mata pelajaran.

5. Lutan

Menurut Lutan (1986: 72), kegiatan ekstrakurikuler adalah bagian internal dari proses pembelajaran di mana fokusnya adalah pada pemenuhan kebutuhan siswa. Dokumen asli tidak dapat dipisahkan antara kegiatan intracuricular atau kegiatan ekstra-kurikuler. Bahkan kegiatan atau kegiatan ekstrakurikuler adalah tambahan atau tambahan pelengkap untuk kegiatan atau kegiatan intrakurikuler untuk menyalurkan bakat dan mempromosikan pengembangan potensi siswa secara maksimal.

Ruang Lingkup Ekstrakurikuler

Berdasarkan informasi dari Direktorat Pendidikan Dasar vcyang menegaskan bahwa ruang lingkup kegiatan ekstrakurikuler harus berasal dari kegiatan yang mendukung dan dapat menunjang program intracuricular yaitu pengembangan pengetahuan dan keterampilan berpikir siswa. Di mana keterampilan dapat disalurkan melalui pikiran dan hobi siswa, sikap dapat berkembang yang terkandung dalam program intrakurikuler dan program kurikulum.

Dalam kegiatan ekstrakurikuler, siswa dapat mengembangkan salah satu bidang studi yang menarik bagi sekelompok siswa, misalnya Seni, pramuka atau olahraga yang dilakukan di luar sekolah dan jam mengajar. Dalam hal kegiatan ekstrakurikuler antara satu sekolah dan sekolah lain, ini bisa berbeda. Variasi ini juga tergantung pada keterampilan guru, siswa, dan kemampuan sekolah itu sendiri.

Manfaat Ekstrakurikuler

Berikut ini adalah manfaat yang didapat ketika melakukan Ekstrakurikuler:

  1. Untuk memberi siswa kesempatan melakukan pergaulan yang positif
  2. Untuk menciptakan atau menawarkan peluang untuk pembentukan kepentingan yang melekat atau tertanam dan juga untuk pengembangan minat bagi siswa
  3. Untuk memungkinkan pendidikan sosial melalui pengalaman dan pengamatan, terutama yang berkaitan dengan perilaku kepemimpinan, persahabatan, kerja sama dan kemandirian
  4. Untuk mempromosikan pembangunan jiwa dan moralitas
  5. Untuk membangun semangat sekolah dan mentalitas sekolah
  6. Untuk memuaskan perkembangan jiwa siswa
  7. Untuk memberi siswa kesempatan mempraktikkan kreativitas mereka lebih dalam
  8. Untuk memperkuat kekuatan mental dan jiwa para siswa
  9. Untuk memperluas interaksi siswa.

Tujuan Ekstrakurikuler

Melihat penjelasan dari Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 39 tahun 2008 tentang pengembangan siswa, tujuan kegiatan ekstrakurikuler yaitu:

  1. Pengembangan potensi siswa secara optimal dan terintegrasi dengan mempertimbangkan bakat, minat, dan kreativitas
  2. Memperkuat kepribadian siswa untuk menjadikan sekolah tangguh berfungsi sebagai lingkungan pendidikan untuk menghindari upaya pengaruh negatif dan konflik dengan tujuan pendidikan
  3. Sadarilah potensi siswa untuk mencapai potensi unggul berdasarkan bakat dan minat mereka
  4. Mempersiapkan siswa untuk menjadi warga negara yang mulia, demokratis dan menghormati hak asasi manusia (HAM) untuk menciptakan masyarakat yang mandiri (civil society).

Fungsi Ekstrakurikuler

Fungsi Ekstrakurikuler menurut Aqip dan Sujak memiliki 4 fungsi, yaitu:

1. Fungsi Pengembangan

Kegiatan di luar sekolah memiliki fungsi mendukung pengembangan pribadi siswa melalui kegiatan yang mendukung pengembangan potensi, peluang dan perluasan minat dalam pengembangan karakter dan pelatihan kepemimpinan.

2. Fungsi Sosial

Dari sudut pandang sosial, fungsi kegiatan ekstrakurikuler adalah untuk mengembangkan keterampilan dan rasa tanggung jawab siswa dalam menginternalisasi nilai-nilai sosial, memperluas pengalaman sosial, nilai-nilai sosial dan melatih keterampilan sosial.

3. Fungsi Rekreatif

Fungsi waktu luang dari kegiatan ekstra kurikuler untuk membentuk proses pengembangan siswa dalam suasana sukacita, kesenangan dan relaksasi. Kegiatan ini dapat membuat kehidupan atau ruang lingkup sekolah lebih menarik.

4. Fungsi Persiapan Karir

Kegiatan di luar sekolah juga memiliki fungsi selain mengembangkan kesiapan untuk karier siswa dalam membangun kapasitas.

Jenis-jenis Kegiatan Ekstrakurikuler

Menurut Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 81A tahun 2013 tentang penerapan kurikulum berdasarkan pilihannya, ada dua jenis kegiatan ekstrakurikuler, yaitu:

  1. Ekstrakurikuler Wajib, adalah program kegiatan luar sekolah yang harus diikuti oleh semua siswa, dengan pengecualian siswa dengan kondisi tertentu yang tidak mengizinkan partisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler.
  2. Ekstrakurikuler Pilihan, yang dipilih adalah program seleksi ekstrakurikuler di mana siswa dapat berpartisipasi tergantung pada bakat dan minat masing-masing.

Menurut Suryosubroto (1997: 272), berdasarkan waktu ketika kegiatan ekstrakurikuler dilaksanakan dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

  1. Kegiatan Ekstrakurikuler Rutin, yang merupakan bentuk kegiatan ekstrakurikuler yang dilakukan secara terus menerus, seperti latihan bola voli, latihan sepak bola dll.
  2. Kegiatan Ekstrakurikuler periodik, yang merupakan bentuk kegiatan yang berlangsung pada waktu tertentu, misalnya lintas alam, berkemah, kompetisi olahraga, dll.

Menurut Permendikbud No. 81A, pada 2013 ada berbagai jenis kegiatan ekstrakurikuler, yaitu:

  1. Krida. Kepramukaan, pelatihan dasar untuk kepemimpinan siswa, Palang Merah Remaja (PMR), Pasukan pengibaran bendera (Paskibra) dan lainnya.
  2. Karya Ilmiah. Kegiatan Ilmiah Remaja (KIR), kegiatan kejuaraan ilmiah dan keterampilan akademik, penelitian dan sebagainya.
  3. Latihan/Olah Bakat/Prestasi. Pengembangan bakat olah raga, seni dan budaya, kecintaan terhadap alam, jurnalisme, teater, agama dan lainnya.

Demikianlah artikel tentang Pengertian Ekstrakurikuler, Ruang Lingkup, Manfaat, Tujuan, Fungsi dan Jenisnya ini semoga bisa memberi manfaat bagi kita semua, Terimakasih.

Baca Juga Artikel Lainnya >>>