Pengertian Desain

Posted on

Pengertian Desain – Berikut pembahasan tentang pengertian desain secara umum dan khusus. Ada banyak sekali urusan di dalam hidup ini yang bersangkutan erat dengan desain. Desain ini sendiri dapat digunakan baik untuk menciptakan desain rumah, banner, tampilan produk, benda, souvenir, interior dan masih tidak sedikit lagi.

Bahkan sebanyak orang mempunyai kemampuan, bakat, dan kegiatan khusus di bidang ini, sampai-sampai nilai estetika mereka juga menjadi satu kelebihan yang menghasilkan. Untuk lebih jelasnya mari simak penjelasannya dibawah ini.

Pengertian Desain

Desain ialah suatu sistem yang berlaku guna segala jenis perancangan yang mana titik beratnya dilaksanakan dengan menyaksikan segala sesuatu permasalahan tidak secara terpisah atau tersendiri, tetapi sebagai sebuah kesatuan dimana satu masalah dengan lainnya saling bersangkutan. Disisi lain, desain juga ditafsirkan sebagai perencanaan dalam penciptaan sebuah objek, sistem, komponen atau struktur.

Pada dasarnya desain adalah pola rancangan yang menjadi dasar penciptaan suatu benda. Desain adalah langkah mula sebelum memulai menciptakan suatu benda, laksana baju, website, bangunan, dll.

Pada saat penciptaan desain seringkali mulai memasukkan unsur sekian banyak pertimbangan, perhitungan, cita rasa, dll. Sehingga dapat dibilang bahwa suatu desain merupakan format perumusan dari sekian banyak unsur termasuk sekian banyak macam pertimbangan di dalamnya.

Pengertian Desain Menurut Para Ahli

Berikut adalah definisi desain menurut beberapa para ahli:

1. Dudy Wiyancoko

Berdasarkan keterangan dari Dudy Wiyancoko, definisi desain ialah segala urusan yang sehubungan dengan penciptaan konsep, analisis data, project planning, drawing/ rendering, cost calculation, prototyping, frame testing, dan test riding.

2. Sachari dan Sunarya

Desain ialah terjemahan jasmani mengenai aspek sosial, ekonomi, dan tata hidup manusia, serta adalahcerminan kebiasaan zamannya. Desain ialah salah satu pengejawantahan kebudayaan yang berwujud, desain ialah produk dari nilai-nilai yang berlaku pada kurun masa-masa tertentu ( Sachari dan Sunarya, 2001: 10).

3. Soekarno dan Lanawati Basuki

Berdasarkan keterangan dari Soekarno dan Lanawati Basuki, definisi desain ialah suatu pola rancangan yang menjadi dasar penciptaan suatu benda, contohnya busana.

4. Coirul Amin

Berdasarkan keterangan dari Coirul Amin, makna desain ialah suatu kerangka bentuk, rancangan, motif, pola, dan corak, yang diimplementasikan terhadap sebuah objek.

5. JB Reswick

Pengertian desain menurut keterangan dari JB Reswick merupakan pekerjaan kreatif yang melibatkan pembuatan sesuatu yang baru dan bermanfaat yang tidak terdapat sebelumnya. Lebih lanjut Yasraf menjelaskan, dengan demikan desain merupakan pekerjaan kreatif-progresif dengan produk, yang produk akhirnya ialah kebaruan dan perbedaan. (Pilliang, 2008: 384).

6. Page

Berdasarkan keterangan dari Page desain didefinisikan sebagai lompatan imajinatif dari realitas kini menuju bisa jadi masa depan. (Jones, 1980: 2).

7. Bruce Nussbaum

Berdasarkan keterangan dari Bruce Nussbaum, pengertian desain ialah wahana penolong untuk mengemban inovasi pada sekian banyak kegiatan industri dan bisnis.

Baca juga: Guru : Pengertian, Sejarah, Peran, Tugas dan Kompetensinya

Fungsi Desain

Desain ialah seni terapan, arsitektur, dan juga sekian banyak pencapaian kreatif lainnya yang melibatkan rangkaian garis, format dan ukuran, warna, dan value dari suatu benda yang menurut pada prinsip-prinsip tertentu. Adapun sejumlah fungsi dari desain ialah :

  • Sebagai alat tolong pada proses membuat suatu objek baru.
  • Sebagai sarana desainer untuk menyampaikan gagasan atau karya cipta nya untuk khalayak.
  • Sebagai wadah untuk mengemukakan tampilan objek – objek tertentu untuk masyarakat dengan melewati suatu cerminan.
  • Sebagai sarana guna menambah ilmu pengetahuan insan sehingga lebih mengetahui atau mengerti format gambar bidang, ruang, susunan, serta konfigurasi, komposisi, value, dan lain.

Tujuan Desain

  • Untuk membuat suatu objek, sistem dan komponen, atau struktur yang bermanfaat untuk manusia.
  • Untuk membuat sesuatu yang dapat meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan pun kualitas hidup manusia.
  • Desain yang di padukan dengan bagian seni dan pun teknologi bertujuan untuk membuat keamanan, kenyamanan, serta
  • Supaya insan dapat memahami apa saja keterampilan serta keterbatasan didalam dirinya dan pun urusan yang terdapat di sekitarnya.

Baca juga: Model Pembelajaran : Pengertian, Ciri, Fungsi, Jenis dan Macamnya

Prinsip-prinsip Desain

Prinsip atau asas desain ialah berbagai pegangan kebenaran yang bisa diaplikasikan pada unsur-unsur desain, supaya desain terlihat lebih estetis dan estetis. Aplikasi prinsip desain mencakup bagaimana kita mengawal atau memanipulasi: keseimbangan, kontras, pengulangan, perpaduan warna, dsb pada desain yang anda rancang.

Selain tersebut unsur dan prinsip desain pun dirangkai menjadi modul praktikum dengan hirarki yang lebih terstruktur menjadi Nirmana yang terdiri dari Nirmana 2D & Nirmana 3D. Namun bukan berarti seluruh urusan desain bisa selesai melulu dengan mengikuti hal intrinsik yang telah diterangkan diatas.

Pengertian desain pun dapat meluas menurut hal ekstrinsiknya. Jika menyaksikan dari esensi desain yang selalu melafalkan hasil produknya, maka desain tidak bisa berhenti diatas kertas. Desain adalah kegiatan praktis yang bakal diterbitkan ke masyarakat.

Maka secara natural desain pun akan bersinggungan dengan unsur-unsur ekonomi, sosial, teknologi dan kebiasaan dengan sekian banyak dinamikanya. Maka desain yang baik pun harus cocok dengan keperluan masyarakat.

Disamping tersebut penerimaan masyarakat tersebut untuk sebuah desain mestilah kritis, tanpa apresiator yang kritis tidak bakal terjadi perkembangan desain yang sehat. Dengan begitu desain bukanlah ilmu yang bisa berdiri sendiri, sejatinya desain ialah lintas disiplin ilmu, minimal antara Seni, Sains, Teknologi dan Sosiologi.

Sebagaimana diajukan oleh Sachari dan Sunarya ( 2001, hlm. 10) bahwa “Desain ialah terjemahan jasmani mengenai aspek sosial, ekonomi, dan tata hidup manusia, serta adalahcerminan kebiasaan zamannya.

Desain ialah salah satu pengejawantahan kebudayaan yang berwujud, desain ialah produk dari nilai-nilai yang berlaku pada kurun masa-masa tertentu.”

Pada proses desain terdapat sejumlah prinsip dasar yang mesti di simaklah oleh sang desainer. Adapun prinsip-prinsip dalam desain ialah sebagai sebagai berikut :

  • Keseimbangan
  • Kesatuan
  • Perbandingan
  • Urutan
  • Irama
  • Skala
  • Fokus.

Metode Desain

Metode desain ialah adalah suatu teknik-teknik yang di kerjakan oleh seorang desainer dalam membuat suatu objek. Adapun sejumlah metode desain yang sering digunakan ialah sebagai inilah :

  • Explosing : yaitu suatu metode desain dengan teknik mencari ilham dengan melewati pemikiran yang kritis guna menghasilkan sebuah desain yang belum pernah di ciptakan.
  • Redefining : ialah suatu cara desain dengan teknik mengolah kembali sebuah desain agar menjadi sesuatu yang bertolak belakang dan pun lebih baik.
  • Managing : yakni metode desain dengan melalui teknik menciptakan desain secara berkelanjutan dan pun terus – menerus.
  • Phototyping : yaitu sebuah cara desain dengan teknik memperbaiki atau memodifikasi desain warisan dari nenek moyang.
  • Trendspotting : yaitu ialah metode desain dengan teknik membuat suatu desain yang menurut tren yang sedang berkembang.

Baca juga: Kesehatan : Pengertian, Aspek, Tujuan dan Ruang Lingkupnya

Kesimpulan

Desain ialah kegiatan kreatif yang merangkai rencana dan rancangan untuk sebuah benda, gambar atau objek lainnya sebelum direalisasikan menjadi nyata supaya mempunyai nilai lebih, kenyamanan yang lebih baik dan diterima oleh pemakainya.

Tidak berhenti disana saja, desain ialah gambar guna merencanakan sebuah bentuk, faedah atau rancang borongan benda atau media non jasmani seperti tampilan software dan website.

Desain ialah pola rancangan yang menjadi dasar penciptaan suatu benda buatan. Desain juga ialah suatu rencana yang terdiri dari sejumlah unsur guna mewujudkan sebuah hasil yang nyata.

Demikianlah penjelasan tentang Desain dari RuangPengetahuan.Co.id semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian, sampai jumpa..