Pengertian Cefadroxil, Cara Kerja dan Manfaatnya

Posted on

Pengertian Cefadroxil, Cara Kerja dan Manfaatnya – Cefadroxil adalah obat antibiotik yang digunakan untuk mengobati infeksi bakteri. Obat cefadroxil adalah antibiotik yang masuk ke jenis sefalosporin. Jika seseorang terpapar infeksi bakteri, segera konsumsi obat tersebut sesuai dosis yang dianjurkan oleh dokter.

Setelah Anda terbiasa dengan cefadroxil, Anda juga harus tahu manfaat cefadroxil. Fungsi Cefadroxil adalah untuk mengobati berbagai infeksi bakteri seperti infeksi tenggorokan, infeksi kulit dan saluran kemih.

Cara kerja cefadroxil adalah menghentikan pertumbuhan bakteri. Manfaat Cefadroxil adalah mengatasi berbagai infeksi yang disebabkan oleh berbagai jenis kuman dan bakteri. Cefadroxil juga dapat digunakan untuk mengobati infeksi kulit, infeksi telinga, infeksi pernapasan, infeksi darah dan infeksi saluran kemih.

Seperti yang sudah diketahui, obat cefadroxil ini hanya dimaksudkan untuk menghambat pembentukan dinding sel bakteri bukan virus. Jadi Anda perlu ingat bahwa obat Cefadroxil hanya dapat digunakan untuk mengobati infeksi bakteri bukan untuk mengobati penyakit yang disebabkan oleh virus.

Penyakit virus seperti pilek dan flu tidak bisa disembuhkan dengan mengonsumsi obat cefadroxil ini. Selain itu, penggunaan obat harus dilakukan sesuai dengan instruksi dokter. Pasien disarankan untuk mengambil semua dosis cefadroxil sesuai dengan petunjuk penggunaan untuk menghindari reaksi kekebalan.

Cara Kerja Obat Cefadroxil 500 mg

Cefadroxil adalah obat yang menghambat pembentukan protein yang membentuk dinding sel bakteri. Obat ini merusak ikatan yang menahan dinding sel bakteri dan membunuh bakteri penyebab penyakit. Mekanisme kerjanya menjadikan cefadroxil sebagai obat yang banyak digunakan untuk membunuh berbagai jenis bakteri, baik bakteri Gram positif maupun Gram negatif.

Obat cefadraxil diminum secara oral. Untuk memastikan bakteri penyebab infeksi rentan terhadap obat ini, dokter dapat mengeluarkan darah, urin, atau jaringan dari tenggorokan atau kulit Anda.

Pastikan untuk membaca instruksi pada paket obat dan ikuti instruksi dokter untuk minum cefadroxil. Perubahan dosis cefadroxil ini hanya direkomendasikan oleh dokter Anda. Sangat disarankan untuk meminum semua dosis yang diberikan oleh dokter, walaupun Anda merasa sehat. Ini dilakukan untuk mencegah kembalinya infeksi.

Minumlah cefadroxil dengan air. Jangan mengunyah atau membuka kapsul cefadroxil. Cefadroxil dapat dikonsumsi sebelum atau sesudah makan. Untuk memaksimalkan efektivitas, gunakan Cefadroxil pada jam Pagi setiap hari. Pastikan ada cukup waktu antara satu dan dosis berikutnya.

Jika Anda secara tidak sengaja melewatkan dosis Cefadroxil, segera minum dan ingat bahwa dosis yang dijadwalkan berikutnya tidak terlalu ketat. Jangan mengganti dosis yang terlewat dengan menggandakan dosis cefadroxil dalam rencana selanjutnya. Jangan berbagi antibiotik dengan orang lain. Obat yang Anda minum mungkin tidak cocok untuk orang lain dan bahkan dapat merusak kesehatan mereka.

Cara Menyimpan Obat Cefadroxil 500 mg

Agar obat ini berfungsi optimal, Anda harus terlebih dahulu memahami aturan penyimpanannya. Berikut adalah beberapa pedoman untuk menjaga antibiotik cefadroxil yang harus Anda ketahui:

  1. Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauh dari cahaya langsung dan tempat yang lembab.
  2. Jangan menyimpan obat ini di kamar mandi.
  3. Jangan menyimpan obat ini di dalam freezer dan jangan membekukannya.
  4. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.
  5. Jangan menyiram obat apa pun di dalam toilet atau saluran pembuangan kecuali Diperintahkan.
  6. Buang produk ini ketika sudah kadaluarsa atau tidak diperlukan lagi.

Jika perlu, hubungi apoteker atau perusahaan pembuangan limbah setempat untuk mempelajari cara membuang produk Anda dengan aman. Tidak semua obat memiliki metode penyimpanan yang sama dengan obat ini. Merk lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda.

Aturan Pakai Obat Cefadroxil

Di apotek, obat Cefadroxil tersedia dalam bentuk tablet untuk orang dewasa dan sirup untuk anak-anak. Masing-masing dari mereka memiliki komposisi pada tablet 500 mg cefadroxil dan 1 gram cefadroxil. Sementara dalam sirup cefadroxil dalam komposisi cefadroxil tersedia 125 mg per 5 ml.

Dosis dan lamanya pengobatan cefadroxil yang diresepkan oleh dokter akan tergantung pada jenis infeksi yang dirawat, tingkat keparahannya, dan kondisi pasien. Secara umum 1 hingga 2 gram cefadroxil per hari diminum selama 5 hingga 10 hari. Dosis maksimum adalah 4 gram per 24 jam. Pada anak-anak, dosisnya juga didasarkan pada berat badan anak per kilogram dan ditentukan oleh dokter.

Untuk mengurangi perkembangan bakteri resisten dan untuk menjaga kemanjuran produk obat cefadroxil sebagai antibiotik, penggunaan produk obat ini harus sesuai dengan petunjuk dokter. Ambil semua kaleng yang diberikan sesuai dengan instruksi. Jangan membeli obat ini sembarangan tanpa resep dokter.

Pastikan Anda telah membaca instruksi untuk penggunaan yang tercantum pada label atau seperti yang diarahkan oleh dokter anda. Jangan mengubah dosis aplikasi atau menghentikan pengobatan tanpa persetujuan dokter. Untuk kinerja yang optimal, ketentuan penggunaan berikut harus diperhatikan:

  1. Jika Anda tidak memiliki masalah perut, minum Cefadroxil 500 MG sebelum atau sesudah makan.
  2. Harus diambil kira-kira pada interval waktu yang sama, misalnya 2 kali sehari setiap 12 jam. Jika sehari sekali setiap 24 jam.
  3. Minumlah secara teratur dan cobalah untuk mengkonsumsinya pada waktu yang sama setiap hari.
  4. Ambil dosis yang terlewat begitu Anda ingat. Saat dosis berikutnya semakin dekat, lewati dosis yang terlewat dan kembali ke normal.
  5. Jangan minum 2 dosis sekaligus atau dosis tambahan.
  6. Jangan minum obat lain apa pun tanpa memberi tahu dokter Anda. Dikhawatirkan akan ada reaksi interaksi.
  7. Obat ini dapat memengaruhi tes laboratorium tertentu. Beri tahu semua dokter dan teknisi laboratorium bahwa Anda meminum obat ini (kapsul dan tablet Cefadroxyl).
  8. Jika gejala atau masalah kesehatan tidak membaik atau memburuk, hubungi dokter Anda.
  9. Konsultasikan dengan dokter jika Anda melihat adanya efek samping.

Manfaat Obat Cefadroxil

Mengatasi infeksi bakteri yang terjadi di berbagai bagian tubuh. Obat ini hanya dapat diperoleh jika dokter telah memberikan resep kepada pasien. Meskipun antibiotik ini mungkin untuk orang dewasa dan anak-anak, antibiotik ini tidak dapat dibeli secara bebas.

Berikut manfaat cefaroxil adalah pengobatan berbagai penyakit akibat bakteri pada anggota badan terkait sebagai berikut:

  1. Sistem pernapasan (misalnya sinusitis, pneumonia, dan bronkitis).
  2. THT (telinga, hidung dan tenggorokan).
  3. Ginjal.
  4. Sistem saluran kemih.
  5. Tulang dan sendi.
  6. Kulit dan jaringan lunak.
  7. Ginekologi atau sistem reproduksi wanita.

Demikianlah artikel tentang obat cefadroxil Cara Kerja dan Manfaatnya ini semoga memberi manfaat bagi kita semua, Terimakasih.

Baca Juga Artikel Lainnya:

Pengertian Sel Surya, Prinsip Kerja, Struktur dan Jenisnya

Pengertian Bunyi, Sifat, Rumus, Klasifikasi dan Syaratnya

Pengertian Metazoa, Siklus, Klasifikasi dan Ciri-cirinya