Pengertian Android Studio

Posted on

Pengertian Android Studio – Anda mau bikin program mobile? Kalau iya, belajar Android Studio merupakan cara yang akurat.

Sarana ini dapat menolong Anda meningkatkan suatu program Android dengan gampang lantaran spek komplet yang dipunyainya.

Memandang jumlah feature mobile yang gunakan Android, tuntutan pasar kepada program Android kian besar. Nach, kebolehan membikin program dengan efektif pastilah jadi kepentingan.

Untungnya, Android Studio bisa menjawab halangan itu, bagus untuk program mobile-phone, smartwatch, tablet, TV sampai dashcam mobile.

Nach, silahkan belajar Android Studio, dari apakah yang dimaksud Android Studio, spek apa yang dipunyainya dan teknik install Android Studio.

Yok, baca artikel selengkapnya berikut di bawah ini!

Apa Itu Android Studio?

Android Studio merupakan sarana Integrated Development Environment (IDE) sah hasil paduan di antara Google dan Jetbrains yang dibikin privat untuk peningkatan program android.

Android studio diciptakan dari IntelliJ IDEA, suatu IDE produksi Jetbrains yang menghasilkan program seperti PHPStorm dan PyCharm.

Jadi IDE, tentunya Android Studio punyai elemen yang komplet mencakup source kode editor, compiler dan debugger. Android Studio dikeluarkan di tanggal 16 Mei 2013 di acara Google’s I/O 2013.

Awal kalinya, Google berikan bantuan kepada Eclipse IDE. Plugin Eclipse Android Developer Sarana (ADT) dibikin supaya Eclipse dapat mengerjakan kombinasi dan tes run proyek Android.

Sejalan berubahnya program mobile, Google hentikan dukungan ADT untuk Eclipse dan berganti ke Android Studio lantaran dirasa punyai spek yang lebih komplet.

Jadi contoh, Android Studio menyuport bahasa pemrograman lain seperti Kotlin dan membantu bikin program dengan frame-work Javascript maupun Flutter.

Nach, lantaran Android Studio merupakan IDE yang menampung seluruh sarana untuk mengerjakan desain, testing dan debug, sarana ini cukup kuras RAM di feature computer.

Oleh sebab itu, untuk gunakan Android Studio, sedikitnya Anda membutuhkan rincian metode berikut ini:

  1. Metode Operasi : Windows 8/10 64-bit, MacOS 10.14, distro Linux 64-bit yang menyuport Gnome, KDE atau UnityDE
  2. RAM 8 GB
  3. Area Penyimpanan 8 GB (IDE + Android SDK + Android Emulator)
  4. Resolusi monitor 1280 x 800

Nach, itulah rincian yang Anda perlukan. Jika tetap kuatir, saksikan dahulu beberapa feature Android Studio yang dapat menolong Anda meningkatkan program Android terunggul!

6 Spek Android Studio

Ini spek Android Studio yang dapat menambah daya produksi Anda saat bikin program Android:

1. Visual Lay-out Editor

Lay-out Editor memungkinkannya Anda buat bikin lay-out dengan cara cepat tiada menulis code XML, cukup hanya dengan geser unsur UI ke Visual Desain Editor (drag and jatuh).

Anda bisa mengerjakan pratinjau kepada lay-out yang Anda bikin di berapa versus dan feature Android yang tidak sama dengan gampang.

Kalau ada lay-out yang kurang serasi untuk monitor suatu feature, Anda dapat menyamakan rancangan lay-out dengan mengerjakan resize sama sesuai ukuran yang dibutuhkan.

  • Palette: Sisi ini berisikan UI unsur yang dapat Anda drag ke lay-out.
  • Component Tree : Sisi ini memberikan susunan elemen di lay-out Anda.
  • Toolbar : Sisi ini berperan untuk mengontrol penampilan lay-out editor dan mengganti atribut lay-out.
  • Desain editor : Sisi ini adalah tempat untuk merevisi penampilan rancangan dan blueprint.
  • Attributes : Sisi ini dipakai untuk mengendalikan penampilan dari atribut yang diputuskan
  • View gaya : Sisi ini berperan untuk mengontrol penampilan lay-out baik penampilan kode, desain atau split gaya.
  • Zoom and pan controls: Sisi ini berfungsi untuk mengendalikan ukuran preview dan status dalam editor.

2. APK Analyzer

APK Analyzer adalah spek yang berperan untuk mempelajari susunan APK atau Android App Bundling sehabis proses build dijalankan.

APK Analyzer dapat menolong Anda kurangi ukuran APK dan mengerjakan debug file DEX dengan cepat.

DEX atau Dalvik Executable merupakan file berisi code terkompilasi yang bisa dijalankan oleh Android Runtime. Sejumlah file DEX dapat dicampurkan jadi satu paket.APK, adalah file program Android untuk distribusi dan penempatan program mobile.

Dengan APK Analyzer, Anda dapat mengenal perihal-perihal berikut:

  • Memandang info file dan ukuran (file resource DEX dan Android)
  • Mendalami susunan file DEX
  • Memandang versus final file dalam program dalam sekejap, seperti file AndroidManifest.xml
  • Menilai dua APK atau app bundling secara bersebelahan

3. Android Emulator

Android Emulator merupakan sarana replikasi virtual untuk mencoba program Android. Dengan sarana ini, Anda tidak usah feature Android secara fisik.

Anda bebas menunjuk type feature Android dan metode operasi yang bisa dipakai di Android Emulator. Android Emulator punyai kebolehan serupa feature Android asli, kok. Sebaliknya, pengecekan program dapat Anda melakukan secara bisa semakin cepat.

Pertimbangannya, data transfer dari Android Studio ke Emulator lebih cepat ketimbang data transfer ke feature Android lewat kabel USB.

4. Intelligent Kode Editor

Jadi IDE berbasiskan IntelliJ IDEA yang tersohor dengan beberapa spek terunggul, tidaklah mengherankan kalaupun Android Studio punyai kode editor pandai untuk membantu Anda waktu menulis code.

Intelligent Kode Editor yang dipunyai Android Studio tawarkan spek analisa code dan usul code gunakan metode auto-completion.

Dengan spek auto-completion, Android Studio siapkan usul code yang bisa dicatat dalam rincian dropdown di saat Anda mulai menulis code

Untuk gunakan code yang direkomendasikan, cukup pencet Tab di code yang Anda perlukan. Dengan spek ini, Anda dapat menulis code dengan cepat dan baik.

5. Flexible Build Sistem

Android Studio ditopang oleh Gradle sebagai program buat bikin build secara automatic. Gradle pula memungkinkannya Anda untuk mengerjakan management dependensi dan penyesuaian komposisi build dengan fleksibel.

Dengan demikian, Anda dapat mengerjakan build program Android dengan beberapa versus komposisi di feature yang tidak sama di proyek yang serupa.

6. Realtime Profilers

Android Realtime Profilers adalah spek yang siapkan statistik data pemanfaatan resource seperti CPU, kenangan, battery dan rutinitas jaringan di saat Anda gunakan Android Studio.

Dengan spek ini, Anda bisa mengerjakan pengamatan perform Android Studio. Kalau terjadi pengurangan kemampuan yang mengakibatkan problem hang di Android Studio, Anda bisa putuskan lanjutan feature atau menyelesaikan babak.

Kenapa Belajar Android Studio?

Spek Android Studio yang powerful jadi argumen penting kenapa belajar Android Studio itu wajib. Ini sejumlah fungsi Android Studio yang dapat Anda temukan:

1. Proses Coding Lebih Cepat

Android Studio merupakan sarana terpadu yang kaya spek maka dari itu menolong Anda mengerjakan pengerjaan program Android, termaksud proses testingnya, dengan gampang.

Dengan kode editor yang punyai spek kode completion, Android Studio pula membantu Anda menulis code dalam sekejap.

Itu juga masih ditambahkan tersedianya emulator yang bikin waktu peningkatan program lebih singkat maka dari itu Anda bertambah produktif.

2. Sarana Simpel Didalami

Android Studio punyai GUI (Graphical Pemakai Interface) yang intuitif dan simpel dimengerti. Anda pastilah tidak dapat sukar menyesuaikan dengan lingkungan peningkatan Android Studio.

Sarana ini pula menyuport drag-and-drop di visual editor yang membantu Anda buat bikin lay-out anyar yang diperlukan.

3. Hasil Coding Lebih Baik

Android Studio siapkan template code dan contoh program yang dapat Anda pakai dengan cara langsung, seperti login activity, navigation drawer activity, dan sebagainya. Anda bisa bikin code terunggul untuk program Anda dengan template itu.

Ditambah spek Lintelligence yang menolong Anda menemukan issue dengan mengerjakan scanning di code Anda.

Maka dari itu, Anda dapat mendapatkan peringatan kalau ada peluang error di code maupun sugesti pembetulan kepada code Anda.

4. Paduan dengan Club Lebih Simpel

Android Studio terpadu dengan sarana version kontrol seperti GitHub dan Subversion. Dengan integratif itu, teman club Anda bisa terhubung proyek dengan gampang. Hasilnya, koordinasi proyek dengan club Anda bisa jalan lebih efisien.

5. Peningkatan Program Terpadu

Android Studio pula terpadu dengan Firebase dan Cloud. Firebase Assistant menolong mengaitkan program Anda ke Firebase dan menambah pelayanan seperti Analytics, Authentications, Notification, dan sebagainya.

Tidak hanya itu, Android Studio punyai sarana bawaan untuk Google Cloud Basis yang dapat menolong mengorganisasikan program Android Anda dengan pelayanan seperti Google Cloud Endpoint dan Google App Engine.

6. Beberapa Feature Android Sudah Ditopang

Kalaupun Anda pernah gunakan sarana development Android lain, opsi yang siap mungkin cuma untuk mobile-phone. Opsi yang paling terbatas, khan?

Nach, Android Studio tidak serupa. Anda bisa bikin program yang dapat dipakai di beberapa feature Android seperti mobile-phone, tablet, Android TV, Android Wear dan Android Auto.

Dengan demikian, Anda tidak usah membuat sejumlah proyek yang cuman dapat habiskan waktu peningkatan program.

Teknik Install Android Studio

Anda sudah ketahui spek dan argumen kenapa belajar Android Studio, saat ini waktunya untuk mengerjakan instalasi dengan mengikut tutor Android Studio di netbook atau computer Anda.

Sebelumnya install Android Studio, yakinkan rincian metode Anda udah cocok biar Android Studio bisa bekerja dengan maksimum.

Bila sudah siap, pertama kali unduh Android Studio lewat blog resminya sama dengan metode operasi yang Anda pakai. Lantas, install serta melakukan setting Android Studio sama dengan anjuran instalasi.

Sehabis instalasi Android Studio sukses, sesudah itu Anda butuh menyeting SDK Android Studio. SDK merupakan feature lunak buat bikin program di basis tersendiri.

Untuk mengerjakan instalasi SDK, yakinkan computer Anda tersambung dengan jaringan internet. Turuti seluruh cara yang diputuskan secara bagus sampai dikatakan sukses.

Ikhtisar

Android Studio merupakan sarana yang perlu untuk didalami. Di artikel ini, Anda sudah ketahui apakah yang dimaksud Android Studio, spek, teknik install dan argumen kenapa belajar Android Studio.

Spek komplet di Android Studio memungkinkannya Anda buat bikin program Android dengan cepat serta mudah, mulai dengan babak peningkatan awal mula hingga sampai babak pengecekan program.

Program android yang Anda bikin dapat terpadu dengan program berbasiskan website. Masalah ini pasti akan meluaskan cengkauan konsumen/konsumen untuk usaha Anda. Tapi, yang harus menjadi perhatian merupakan pemanfaatan resource servernya yang begitu tinggi.

Demikian artikel kali ini. Semoga artikel ini dapat membantu kamu untuk mempelajari Android Studio lebih baik lagi. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Baca juga artikel lainnya :