Pengertian Adiwiyata

Posted on

RuangPengetahuan.Co.Id – Adiwiyata atau lebih dikenal sebagai “Green School” adalah salah satu dari beberapa program yang dilakukan oleh Departemen Negara Lingkungan Hidup yang bertujuan ubtuk mempromosikan pengetahuan tentang kesadaran warga sekolah tentang perlindungan lingkungan.

Menurut Undang-undang Menteri Lingkungan Hidup Republik Indonesia No. 05 tahun 2013 yang berkaitan dengan pedoman pelaksanaan untuk program Adiwiyata, sekolah adiwiyata adalah program untuk mewujudkan sekolah yang tertarik dan peduli terhadap lingkungan yang dibudidayakan di lingkungan.

Dalam Adiwiyata sendiri memiliki makna sebagai tempat yang baik dan ideal yang memperoleh semua pengetahuan dan berbagai norma dan etika. Ini adalah dasar bagi orang untuk menciptakan kekayaan untuk bekerja menuju tujuan pembangunan berkelanjutan.

Tujuan Adiwiyata

Ada beberapa tujuan dalam menyampaikan program Adiwiyata ke tim peninjau panel program Adiwiyata.

hal ini menjadi jelas menurut Arjuna dan Salmonsius yang dikutip oleh Saragih (2012) yaitu: jika sekolah telah mengikuti program Adiwiyata, ia akan menerima dana dukungan yang memenuhi kebutuhan yang diusulkan oleh sekolah dan disetujui oleh Kementerian Lingkungan Hidup.

Tujuan dari program Adiwiyata umumnya yaitu:

  1. Menciptakan kondisi yang lebih baik bagi sekolah untuk menjadi forum pembelajaran dan kesadaran semua warga sekolah antara murid, guru, orang tua / wali murid dan masyarakat untuk penciptaan upaya perlindungan lingkungan
  2. Komunitas sekolah bertanggung jawab untuk melindungi lingkungan dan pembangunan berkelanjutan
  3. Mendorong dan membantu sekolah berpartisipasi dalam upaya pemerintah untuk melindungi lingkungan dalam pembangunan berkelanjutan dan berwawasan lingkungan demi kepentingan generasi masa depan.

Jenis-Jenis Penghargaan Adiwiyata

Ada berbagai jenis suatu penghargaan adiwiyata yang dapat diterima oleh sekolah, yaitu:

  1. Penghargaan Adiwiyata Kabupaten / Kota, adalah Penghargaan yang diberikan oleh Bupati / Walikota
  2. Penghargaan Adiwiyata Nasional, adalah penghargaan yang diberikan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan
  3. Penghargaan Adiwiyata provinsi, adalah penghargaan yang diberikan oleh gubernur
  4. Penghargaan Adiwiyata Mandiri, adalah penghargaan khusus untuk setiap sekolah dengan evaluasi dalam bentuk sekolah dengan setidaknya 10 sekolah sasaran yang telah menerima Penghargaan Adiwiyata Kabupaten / Kota, serta penghargaan yang diberikan oleh Presiden.

Fungsi Adiwiyata

Ada berbagai fungsi program Adiwiyata di mana semua siswa dapat berkontribusi dalam semua kegiatan sekolah atau kegiatan untuk mencapai lingkungan yang sehat dan menghindari dampak lingkungan yang negatif.

Menurut Menteri Lingkungan Hidup Peraturan No. 2 tahun 2009, tentang pedoman untuk pelaksanaan program Adiwiyata. The Adiwiyata dalam Pasal 1 adalah sekolah yang baik dan ideal sebagai tempat untuk mendapatkan semua pengetahuan dan berbagai norma dan etika yang dapat menjadi dasar kemanusiaan untuk penciptaan kekayaan dalam kehidupan dan cita-cita pembangunan berkelanjutan.

Pasal 1 (2) menunjukkan bahwa program Adiwiyata adalah salah satu program kerja nasional yang dikelola oleh Kementerian Negara Lingkungan Hidup untuk membantu mengembangkan pendidikan lingkungan.

Target Adiwiyata

Target dari program Adiwiyata terletak pada pendidikan normal di pendidikan sekolah dasar (SD), menengah pertama (SMP), menengah atas atau kejuruan (SMA / SMK). Untuk alasan ini, sekolah adalah tujuan dari Adiwiyata karena sekolah memiliki fungsi dan berperan dalam membentuk nilai-nilai kehidupan, terutama perlindungan lingkungan. Implementasi program sekolah adiwiyata dievaluasi dan diberikan penghargaan secara berjenjang.

Manfaat Program Adiwiyata

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari penerapan program adiwiyata:

  1. Dapat mengubah perilaku penghuni sekolah untuk mempraktikkan budaya perlindungan lingkungan
  2. Dapat meningkatkan penghematan sumber dana dengan mengurangi sumber daya dan energi
  3. Dapat menghindari sejumlah risiko yang terdapat di lingkungan sekolah
  4. Dapat meningkatkan efisiensi saat melakukan aktivitas atau kegiatan di sekolah
  5. Dapat menciptakan kondisi kebersamaan untuk semua penghuni sekolah
  6. Dapat memberi kaum muda informasi yang baik dan benar tentang pelestarian dan pengelolaan lingkungan
  7. Dapat membuat kualitas dan kondisi belajar mengajar lebih nyaman dan bermanfaat bagi semua penghuni sekolah.

Kriteria Penilaian Penghargaan Adiwiyata

Dalam hal ini, penentuan kriteria penilaian untuk penghargaan Adiwiyata memiliki empat aspek, yaitu:

  1. Aspek kebijakan sekolah yang memiliki wawasan ekologis
  2. Aspek kurikulum sekolah yang memiliki dasar ekologi
  3. Manajemen fasilitas dan dukungan infrastruktur untuk sekolah hijau
  4. Aspek kegiatan lingkungan di sekolah berdasarkan partisipasi.

Prinsip Program Adiwiyata

Menurut Chaeruddin (2009: 12), prinsip implementasi program Adiwiyata didasarkan pada dua prinsip, yaitu:

1. Partisipatif

Partisipatif berarti semua komponen sekolah terlibat dalam semua proses yang terdiri dari perencanaan, implementasi dan evaluasi tergantung pada tanggung jawab dan peran masing-masing.

2. Sustainable (Berkelanjutan)

Sustainable atau berkelanjutan ini yaitu berarti bahwa semua kegiatan atau aktivitas harus dilakukan secara komprehensif, terencana dan berkelanjutan.

Demikianlah artikel tentang Pengertian Adiwiyata, Tujuan, Jenis, Fungsi dan Manfaatnya ini semoga bisa memberi manfaat bagi kita semua, Terimakasih.

Baca Juga Artikel Lainnya >>>