Mengenal Obat Penisilin, Manfaat, Cara Kerja dan Harganya

Posted on

Mengenal Obat Penisilin, Manfaat, Cara Kerja dan Harganya – Penisilin adalah obat antibakteri yang termasuk dalam kelompok antibakteri. Antibiotik penisilin terdiri dari beberapa jenis obat-obatan. Obat-obatan apa yang termasuk dalam kelompok penisilin?

Penisilin adalah antibiotik yang digunakan untuk mengobati infeksi bakteri. Obat ini membunuh bakteri yang menyebabkan infeksi atau menghentikan pertumbuhannya.

Penisillin VK atau phenoxymethylpenicillin adalah jenis garam yang mengandung penisillin yang digunakan untuk mengobati infeksi bakteri. Huruf “P” adalah singkatan dari potassium sebagai salah satu bahan dalam penisillin.

Seperti antibiotik lainnya penisilin bekerja dengan cara membunuh bakteri. Obat antibiotik ini tidak begitu efektif dalam menangani infeksi virus. Penggunaan obat ini antibiotik juga harus direkomendasikan oleh dokter dan sesuai dengan kondisi yang dialami sehingga pengobatan infeksi tidak menimbulkan komplikasi.

Cara Mengkonsumsi Obat Penisilin

Baca informasi pada paket obat terlebih dahulu bila perlu konsultasikan dengan dokter Anda tentang manfaat dan risiko penggunaan penisilin.

Penisilin tersedia dalam bentuk kapsul dan tablet. Gunakan air untuk minum penisilin kapsul untuk meningkatkan daya cerna obat. Penisilin kapsul biasanya diminum 30 menit sebelum makan.

Penisilin juga tersedia dalam bentuk bubuk. Bubuk penisilin dicampur dengan air saat diminum. Bubuk penisilin yang dicampur dengan air kemudian diberikan melalui suntikan melalui otot, vena, atau sendi, tergantung pada kondisi yang diderita pasien. Suntikan penisilin harus dilakukan oleh dokter atau di bawah pengawasan medis.

Dosis yang diberikan disesuaikan dengan status kesehatan dan respon tubuh pasien terhadap obat tersebut. Gunakan penisilin secara teratur. Jangan mengurangi atau menambahkan narkoba. Jika gejalanya tidak membaik dan terjadi reaksi alergi atau overdosis, segera dapatkan bantuan medis.

Cara Kerja Obat Penisilin

Penisilin adalah kelas obat yang dimasukkan sebagai antibiotik. Antibiotik adalah zat yang diproduksi oleh mikroba seperti jamur. Zat yang diproduksi oleh mikroba yang menghambat pertumbuhan atau membunuh bakteri.

Penisilin antibiotik bekerja dengan membunuh bakteri atau menghambat pertumbuhan bakteri dengan menghambat dinding sel bakteri sintetis. Dengan cara ini, bakteri terganggu dan akan mati.

Kesediaan Obat Penisilin

Obat penicillin terdiri dari banyak jenis. Bentuk sediaan dari kelas penisilin juga bervariasi. Antibiotik penisilin memiliki berbagai bentuk, yaitu tablet, kapsul, serbuk, injeksi, dan cairan infus.

Semua jenis obat penicillin harus diresepkan oleh dokter. Penisilin dalam bentuk tablet dan kapsul adalah obat penisilin yang dapat digunakan secara oral di rumah sendiri, sedangkan penisilin dalam bentuk suntikan dan cairan infus membutuhkan staf medis profesional, yang biasanya dilakukan di klinik atau rumah sakit.

Jika anda menggunakan penisilin dalam bentuk tablet atau kapsul, simpan antibiotik di tempat yang kering. Jangan menyimpan obat penicillin di tempat-tempat yang terpapar sinar matahari terus-menerus karena ini dapat mengubah struktur dan fungsi kimia obat itu sendiri.

Harga Penisilin

Harga penisilin tergantung pada jenis bentuk sediaan dan jenis kandungan yang ada di dalamnya. Kisaran harga untuk penisilin adalah antara Rp 500 dan 15.000 per tablet, antara Rp 12.000 sampai Rp 100.000 per botol dan antara Rp 15.000 dan Rp 25.000 per vial.

Manfaat Penisilin

Manfaat penisilin adalah pengobatan berbagai jenis penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri tertentu. Jadi jangan heran jika Anda memiliki penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri tertentu. Jika anda terkena bakteri dianjurkan untuk mengkonsumsi penisilin.

Sekian artikel tentang obat penisilin, Manfaat, Cara Kerja dan Harganya ini semoga bisa memberikan manfaat untuk kita semua, Terimakasih.

Baca Juga Artikel Lainnya:

Pengertian Lidah, Bagian, Fungsi dan Jenisnya

Pengertian Kornea, Penyebab dan Cara Mencegahnya

Pengertian Tulang Rusuk, Struktur dan Fungsinya