Mengenal Obat Paracetamol, Efek Samping dan Cara Mengkonsumsinya

Posted on

Mengenal Obat Paracetamol, Efek Samping dan Cara Mengkonsumsinya – Paracetamol adalah obat yang termasuk dalam kelompok analgesik (pereda nyeri). Obat ini digunakan untuk meredakan nyeri ringan hingga sedang dan mengurangi demam. Untuk orang dewasa, disarankan untuk minum 1-2 tablet dengan 500 miligram parasetamol hingga 1 gram setiap 4-6 jam sekali setiap 24 jam.

Paracetamol mengurangi rasa sakit dengan mengurangi produksi zat dalam tubuh yang disebut prostaglandin. Prostaglandin adalah elemen yang dikeluarkan oleh tubuh sebagai respon terhadap kerusakan jaringan atau infeksi yang menyebabkan peradangan, demam, dan nyeri. Parasetamol menghambat produksi prostaglandin, mengurangi rasa sakit dan demam.

Apakah Anda sering mengalami sakit ringan seperti sakit kepala? Aktivitas yang menumpuk setiap hari bisa menjadi penyebab utama kelelahan yang menyebabkan sakit kepala dan Selain itu stres. Sistem kekebalan tubuh yang buruk dapat menyebabkan sakit kepala yang tak tertahankan. Tentu saja anda tahu obatnya yaitu paracetamol. Parasetamol adalah obat yang digunakan untuk mengobati rasa sakit ringan, dan untuk mengurangi demam.

Fungsi paracetamol terkait dengan jenis obat ini yang dianggap analgesik dan antipiretik. Fungsi parasetamol sebagai analgesik adalah menghilangkan rasa sakit ringan hingga sedang, termasuk menghilangkan sakit kepala, sakit gigi dan lain sebagainya.

Paracetamol bertindak sebagai penghalang terhadap produksi prostaglandin dalam tubuh. Ketika tubuh menderita infeksi, cedera atau peradangan, zat prostaglandin diproduksi yang menyebabkan rasa sakit, dan demam. Dalam kontek ini manfaat paracetamol adalah menghambat produksi prostaglandin tersebut. Dengan menghambat produksi prostaglandin dalam tubuh, rasa sakit, rasa sakit dan demam yang dirasakan akan berkurang.

Paracetamol dapat anda temukan dengan mudah di pasaran, Paracetamol adalah obat yang aman untuk dikonsumsi mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, asalkan dianjurkan dan dikonsumsi dalam dosis yang tepat.

Cara Mengkonsumsi Obat Paracetamol

Secara umum, paracetamol tidak menyebabkan efek samping. Namun, pastikan bahwa obat ini cocok untuk gejala yang Anda miliki dan bukan untuk keluhan fisik.

Paracetamol dapat dikonsumsi oleh orang dewasa hingga 500 mg setiap 4 hingga 6 jam. Sesuaikan dosis untuk anak-anak sesuai dengan rekomendasi dokter. Obat ini bisa diminum sebelum atau sesudah makan.

Jangan minum paracetamol melebihi dosis yang ditentukan. Terlalu banyak paracetamol dapat merusak organ hati.

Jika Anda melewatkan waktu mengkonsumsi Paracetamol, jangan minum dua dosis sekaligus untuk menggantinya.

Obat ini diminum (ditelan). Ikuti semua instruksi produk. Jika Anda tidak yakin informasi apa dengan informasi yang tertera, berkonsultasilah dengan dokter atau apoteker.

Cara Menyimpan Obat Paracetamol

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauh dari cahaya langsung dan tempat lembab. Jangan simpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merk lain dari obat ini mungkin menggunakan aturan penyimpanan yang berbeda. Ikuti instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat apa pun di toilet atau saluran pembuangan kecuali diminta. Buang produk ini ketika sudah kadaluarsa atau tidak diperlukan lagi. Tanyakan apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal Anda cara membuang produk Anda dengan aman.

Efek Samping dari Obat Paracetamol

  1. Frekuensi tidak dapat ditentukan
  2. Angioedema
  3. Disorientasi
  4. Bingung
  5. Kemerahan kulit maculopapular dan gatal
  6. Ruam
  7. Hiperamonemia
  8. Sindrom Stevens Johnson (SSJ)
  9. Nekrolisis epidermis toksik (NET)
  10. Urtikaria
  11. Pendarahan gastrointestinal
  12. Edema laring
  13. Agranulositosis
  14. Leukopenia
  15. Neutropenia
  16. Pansitopenia
  17. Trombositopenia
  18. Trombositopenia purpura
  19. Hepatotoksisitas
  20. Gagal hati
  21. Nefrotoksisitas
  22. Pneumonitis
  23. Anafilaktoid.

Sekian artikel Tentang Obat Paracetamol, Efek Samping dan Cara Mengkonsumsi Ini Semoga Bisa Memberikan Manfaat Bagi Kita Semua, Terimakasih.

Baca Juga Artikel Lainnya:

Pengertian Sel Surya, Prinsip Kerja, Struktur dan Jenisnya

Pengertian Bunyi, Sifat, Rumus, Klasifikasi dan Syaratnya

Pengertian Metazoa, Siklus, Klasifikasi dan Ciri-cirinya