Mengenal Android 8.0 Oreo, Fitur dan Cara Mendapatkannya

Posted on

Mengenal Android 8.0 Oreo, Fitur dan Cara Mendapatkannya– Android 8.0 akhirnya secara resmi diperkenalkan oleh Google sebagai Android Oreo. Saat ini android Oreo sedang dalam pengembangan atau dalam fase beta publik masih dalam fase pengembangan terbatas dan akan dirilis di seluruh dunia pada akhir tahun.

Ponsel Google seperti Pixel, Pixel XL, Nexus 5 dan seri Nexus tertentu secara tradisional adalah yang pertama untuk merasakan manisnya Oreo.

Sebagai penerus Nougat, Oreo menjanjikan sejumlah inovasi dan perubahan menarik. Mengandalkan Ulasan Tepercaya.

Setelah meluncurkan pembaruan Android 8.0, Google juga merilis Versi 8.1, yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja perangkat dengan RAM 1GB atau kurang. Selain itu, API Neural Network terbaru telah ditambahkan untuk mempercepat kecerdasan perangkat. Perangkat Pixel 2 juga meningkatkan kualitas fotografi HDR.

Cara Mendapatkan Android Oreo

Anda dapat menginstal Android Oreo melalui OTA atau menggunakan pengaturan menu di ponsel itu sendiri. Secara umum, perangkat Google menerima pemberitahuan eksklusif tentang pembaruan terbaru pada ponsel mereka. Namun, jika Anda terdaftar dalam program Android Beta, yang harus Anda lakukan adalah mengikuti petunjuk untuk menginstal pembaruan.

Perubahan Fitur yang Terdapat Dalam Android Oreo

1. Pembatasan latar belakang

Pengguna smartphone selalu khawatir baterai hampir habis. Oleh karena itu Google telah memutuskan untuk melakukan perbaikan pada perangkat Android terbaru dengan membatasi aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Google meningkatkan jumlah pembatasan otomatis tentang apa yang dapat dilakukan aplikasi di latar belakang.

“Perubahan ini membuatnya mudah untuk membuat aplikasi yang memiliki dampak minimal pada perangkat dan baterai pengguna, dan batasan latar belakang adalah perubahan besar untuk Android, jadi kami ingin setiap pengembang mengetahuinya,” kata Google di sebuah blog.

2. Gambar Dalam Gambar

Google akan memperkenalkan fitur-fitur baru yang mungkin merupakan perubahan paling berguna di Android Oreo. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk terus melihat video dengan layar virtual kecil sambil melakukan tugas-tugas lain di berbagai aplikasi.

Google juga mengatakan bahwa aplikasi akan dapat secara otomatis mengaktifkan mode gambar dalam gambar. Dengan begitu, pengguna masih bisa menonton video di Youtube saat merespons email di Gmail.

3. Pemberitahuan Berkelompok

Perusahaan teknologi raksasa yang berbasis di Mountain View ini berencana untuk mengelompokkan pemberitahuan atau notifikasi dalam channel. Intinya adalah memberi pengguna kontrol lebih besar atas kategori notifikasi aplikasi.

“Pengguna dapat memblokir atau mengubah kebiasaan masing-masing saluran alih-alih mengatur semua pemberitahuan aplikasi sekaligus,” kata Google.

Google juga memungkinkan pengguna untuk menonaktifkan notifikasi sementara dari aplikasi untuk waktu yang diinginkan. Pengguna dapat menonaktifkan notifikasi dalam 15 menit, 30 menit hingga satu jam.

Selain itu, Google memberikan petunjuk kecil untuk aplikasi yang notifikasinya belum terbuka. Fitur ini sudah digunakan oleh pengguna iOS sebelumnya.

4. Pengisian Kata Sandi Otomatis

Google berharap bisa menghemat waktu pengguna dengan menggunakan Autofill API. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memungkinkan aplikasi Password Manager untuk bekerja dengan sistem operasi Android sehingga pengguna dapat mengaksesnya seperti keyboard pihak ketiga.

“Pengguna Android telah mencapai harapan bahwa sejumlah manajer kata sandi secara otomatis memasukkan ulang kata sandi mereka dan mencoba mengembalikan informasi, yang membuatnya lebih mudah untuk menginstal aplikasi atau transaksi baru, Ini membuatnya lebih mudah dan lebih banyak tersedia di seluruh ekosistem dengan menyediakan dukungan platform untuk yang otomatis.

5. Tambahan Ikon Adaptif

Fitur lain yang sudah lama ditunggu-tunggu adalah penambahan ikon adaptif. Ini berarti bahwa pengembang dapat menggunakan berbagai bentuk ikon aplikasi tergantung pada preferensi pabrikan. Ikon aplikasi juga mendukung pemberitahuan lencana, seperti yang disebutkan sebelumnya.

6. Navigasi Keyboard Lebih Baik

Perubahan besar lainnya yang dilakukan Oreo adalah navigasi keyboard. Menurut Google, sebagian besar pengguna menggunakan aplikasi pihak ketiga dari Playstore di Google Chrome dan OS.

“Di Android Oreo, kami fokus mengembangkan model navigasi yang lebih andal dan dapat diprediksi untuk panah dan tab yang membantu pengembang dan pengguna,” kata Google.

7. Kamera yang Lebih Baik

Google menghabiskan banyak waktu mengedit aplikasi kamera. Untuk mengakses kamera, Google menawarkan fitur ujung ganda terbaru yang memungkinkan pengguna untuk dengan cepat zoom 50 persen.

Ada juga tombol khusus baru yang memungkinkan pengguna untuk beralih antara mode foto dan video. Sebelumnya, pengguna harus menghapus nilai yang tidak intuitif.

Kelebihan dan Kekurangan Android Oreo

kelebihan

Sistem Android ini diperkenalkan dengan perubahan paling mencolok, yaitu penampilan. Meskipun tidak signifikan, perubahan penampilan ini sebenarnya dapat membuat perangkat Anda “lebih segar”. Beberapa perubahan ini termasuk layar splash, notifikasi, laci aplikasi, menu baterai, menu pengaturan, dan lainnya.

Bahkan, perubahannya tidak hanya secara visual tetapi juga secara invisual paling mencolok ketika digunakan untuk pertama kalinya. Selain itu, Oreo memiliki beberapa fitur menarik yang membantu pengguna dengan kegiatan sehari-hari mereka. Beberapa di antaranya adalah fitur yang benar-benar baru. Sementara beberapa yang lain hanya lebih baik diperbarui di versi sebelumnya. Dengan pembaruan ini, kemampuan versi Oreo secara signifikan lebih baik dari pada versi sebelumnya yaitu android nougat.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang perubahan dan cara memaksimalkan kinerja perangkat Anda, mari kita lihat kekurangan dari android oreo ini.

Kekurangan

Tentu saja, ada beberapa kekurangan dari Andorid Oreo, karena versi Oreo saat ini masih memiliki beberapa bug, dan tidak semua ponsel pintar Android dapat memutakhirkan ke Oreo. Saat ini, Android Oreo memiliki bug yang tidak terlalu mengganggu pengguna.

Kesalahan ini tidak menyebabkan masalah serius. Jadi, jika ada pertanyaan, apakah ada baiknya beralih dari Nougat atau ke Android Oreo? Jawabannya iya. Anda harus mencoba Android Oreo, yang memiliki fitur lebih keren dari pada versi sebelumnya yaitu nougat, seperti dijelaskan di atas.

Sekian artikel tentang android 8.0 oreo, Fitur dan Cara Mendapatkannya ini semoga bisa memberikan manfaat bagi kita semua dan menambah wawasan tentang dunia teknologi, Terimakasih.

Baca Juga Artikel Lainnya:

Pengertian Audit Internal, Fungsi, Tujuan dan Ruang Lingkupnya

Pengertian Retail, Fungsi dan Jenis-jenisnya

Pengertian Ikhtisar, Tujuan, Ciri dan Fungsinya